KRITIK ADALAH CERMIN

KRITIK ADALAH CERMIN

Tanpa kritik kita tidak tahu siapa diri kita. Kritik merupakan cermin bagi orang yang dikritik. Bagaimana kita bisa melihat diri kita sendiri tanpa pernilaian dari orang lain ?. Walaupun penilaian itu berupa kritik baik atau kritik salah setidaknya kita tahu, begitulah penilaian orang terhadap diri kita.

Tidak jarang kita merasa diri kita berbuat baik, tetapi kadang-kadang orang masih menganggap diri kita tidak baik. Itu biasa terjadi. Kerana kadang-kadang orang yang mengkritik menggunakan kaca-mata ikhlas untuk kebaikan orang yang dikritik dan kadang-kadang ada yang menggunakan kaca-mata benci dan dengki. Kita tidak bisa melarang orang mengkritik orang lain. Namun kita lebih suka mendapatkan kritikan dari orang yang ikhlas mengkritik untuk kebaikan dan kemajuan kita. Kita kurang menyukai orang mengkritik hanya kerana dendam atau benci.

Walau bagaimanapun kritik dari siapa sahaja, adalah positif jika kita pandai-pandai memanfaatkan. Jangan mudah terpancing dan jangan mudah emosi oleh kritikan orang lain, kerana itu hanya sekedar pernilaian orang lain yang belum tentu benar. Ada kritikan yang menyerupai sampah ada kritikan yang menyerupai madu lebah.
Kita memerlukan pernilaian dan kritikan untuk kita gunakan sebagai kaca cermin.

MENYIKAPI KRITIK

Secara umum Tak ada orang yang senang menerima kritik. Bagaimana pun hebatnya seseorang,ia pasti tak akan kebal dari kritik. Pertama, karena tak ada manusia yang sempurna dan luput dari kesalahan. Kedua, banyak orang yang senang mengkritik, meskipun mereka tahu dikritik itu tidak enak. Memang tidak semua kritik itu benar. Namun, bagaimana anda mensikapi kritik sebenarnya dapat mendorong perbaikan bagi kepribadian anda.
1. Tahan diri anda dari amarah.
Marah adalah signal alami yang mengatakan bahwa anda sedang dikritik. Yakinlah setiap orang memang berhak mengutarakan pendapatnya. Biarpun wajah anda merah padam, usahakan agar tidak marah. Bila anda tidak lulus di
langkah ini, maka langkah-langkah berikutnya hampir mustahil berguna bagi anda.
2. Terimalah kritik dengan sikap terbuka.
Mungkin kritik itu salah, namun pengkritik menganggapnya berbeda. Bersikaplah terbuka, bila perlu ubahlah pandangan si pengkritik. Pahami keberatannya sehingga anda dapat menanggapinya secara tepat.
3. Jangan masukkan kritik ke dalam hati.
Meski anda bersikap terbuka, bukan berarti anda selalu memasukkan kritik kedalam hati dan menjadikannya sebagai urusan pribadi. Hal ini sama saja dengan menyiksa diri anda sendiri. Mungkin kritik ditujukan pada usaha, produk, staff anda, bukan pribadi anda. Ingatlah anda perlu menjaga hubungan jangka panjang. Bila kritik ditujukan secara tidak proporsional, amati saja ketidakmampuan pengkritik menyampaikan kritiknya.
4. Mintalah keterangan lebih spesifik.
Pahami bahwa mungkin kritik itu benar. Jadi cobalah untuk memahami dan meminta keterangan yang lebih spesifik mengenai apa yang dikritik tersebut. Ini bermanfaat bagi anda dan pengkritik agar dapat melihat situasi yang sebenarnya.
5. Jangan balas kritik dengan kritik.
Tugas anda adalah mensikapi kritik agar anda dapat meraih lebih banyak perbaikan dan keuntungan dari kritik itu. Membalas kritik dengan kritik sama dengan menyulut perdebatan yang tidak perlu. Anda takkan bisa memadamkan
api dengan api. Akhirnya yang terjadi hanya abu hangus saja.
6. Tanyailah diri sendiri perbaikan apa yang bisa anda lakukan.
Dengan demikian anda mampu melihat kritik sebagai perbaikan bagi diri sendiri, sekaligus mendapatkan keuntungan darinya. Lebih banyak perbaikan produk ditemukan kritik daripada pujian dari konsumen anda.
7. Mintalah pendapat dari orang lain.
Bila anda tidak yakin dengan sebuah kritik, mintalah pendapat dari orang lain yang benar-benar tulus. Pendapat mereka dapat membantu anda menemukan bagian mana dari kritik itu yang benar atau keliru.
8. Biasakan diri anda dengan kritik.
Membiasakan diri berarti mensikapinya dengan tenang dan positif. Jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih atas kritiknya, meski tidak selamanya benar. Bagaimana pun perhatiannya patut dihargai.

Cat Mirror ..

One Response

  1. Thank’s bermnfaat sekali dlam pengmbngan mental, kritik itu memng perlu agar seseorng dpat mngetahui dan menjdi proses dewasa yg bijak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: