Resep Traditional Warisan Nusantara – Serabi

Mendengar “Serabi”, langsung melambungkan angan-angan kita masa kecil di kampoeng dimana hampir tiap pagi hari masih dalam gelap sambil terkantuk-kantuk menunguin penjual Serabi yang lagi membakar serabi dengan asapnya yang sedap. Di Kampoengku Bojonegoro makan serabi disertai ketan + emput (kacang kedele dihaluskan+lombok)+santan setengah matang..hmm..Nyem2. So Ini resep Serabi dari searching di Internet tapi utk yang Asli..nanti kapan2 aku tanyaain di kampoeng…selamat mencoba resepnya..jagan lupa kirimin kita.

 Serabi Notosuman

Kemarin auntie nanya resep serabi Solo, karena aku dari Solo dan serabi Solo yang terkenal namanya Serabi Notosuman. Resep yang aku dapat ini dari cucu ibu pembuat serabi itu sendiri, katanya mereka ngga merahasiakan adonan mereka dan cara membuatnya. Yang penting adalah kesabaran. Karena memasaknya lama dan antriannya bisa panjang sekali. Mereka buka dari pagi-pagi jam 4 pagi sampai siang jam 10 atau 11 siang biasanya sudah habis dagangannya. Mereka pernah mencoba membuka cabang di Surabaya tapi ngga laku karena orang Surabaya ngga sabar menunggu serabi jadi dan mengantri. Usaha serabi di Solo ini bisa sukses karena konsumennya orang Solo yang memang sabar-sabar . 

Ini resep serabinya: 

* 500 gram tepung beras   
* 250 gram gula pasir dibikin jadi gula cair   
* 1 butir kelapa parut dibikin jadi santan kental   
* 600 cc air   
* Soda kue   
* Minyak goreng buat menggoreng (bubuhkan ke pancinya dengan kain yang diikat membentuk gumpalan)   
* Air pandan, kuning telur, coklat mesyes buat selera  

Catatan: Perbandingan gula: tepung harus 1:2

Cara membuatnya: Tepung beras dituangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk agar rata membentuk adonan cairan yang kental. Masukkan gula putih cair ke dalam adonan, bubuhkan sedikit soda kue. Siapkan santan yang sudah dimasak matang. Siapkan wajan di atas api arang atau api gas yang kecil, tuangi sesendok sayur adonan (tepung dan gula) lalu ratakan. Setelah adonan setengah matang, tuangkan santan kental sesendok sayur lalu tutup wajannya dengan penutup dari keramik. Kalau suka bisa ditambahkan air pandan atau coklat atau kuning telur. Bila tepi serabi berwarna coklat itu adalah tanda serabi sudah matang.

Pesan dari pembuatnya: Api untuk memasak serabi jangan besar, kalau bisa kira-kira sepanas api arang. Wajan serabi tidak boleh terkena air agar tidak lengket. Wajan hanya boleh dibersihkan dengan minyak goreng saja. Tutupnya dari keramik karena keramik bisa menyerap uap air agar tidak jatuh ke serabi saat dimasak. Tutupnya ini boleh dicuci dengan air.Selamat menikmati   Menurut Lidiawati, keunggulanya serabinya terletak pada kualitasnya yang lebih baik karena menggunakan bahan baku pilihan, seperti tepung beras Cendani (semacam beras Cianjur).

Peng-gunaan kedai permanen dengan nama yang cukup menyolok, termasuk faktor yang menarik konsumen. “Dengan kedai seperti ini, konsumen bisa lebih nyaman. Citra kebersihan juga terjaga,” ujar Lidia. Kebanyakan pedagang serabi lain, memang hanya menggelar dagangannya begitu saja, seperti kaki lima. Satu kilogram tepung, bisa dibuat untuk 40 biji serabi. Jadi, kalau harga satu serabi plus topping dirata-ratakan Rp 2.500 saja, sekali jualan Deny bisa mengantongi omset Rp 2 juta, dengan keuntungan sekitar 40 persen.

Menurut Deny, bahan baku utama serabinya adalah tepung terigu Segitiga Biru, yang dicampur tepung beras dengan perbandingan 1:1. “Dengan tepung terigu Segitiga, serat serabi lebih banyak, sehingga lebih bagus dilihat bila dibelah,” ujarnya. Untuk santan, dibuat dari dua buah kelapa yang ditambahkan dengan garam. Adonan “Soerabi Cantik” hanya bisa bertahan selama 3 jam. Bila sudah dibakar, mampu bertahan selama 24 jam. “Jadi, dalam sekali penjualan, bisa dua atau tiga kali pembuatan adonan,” ujar Deny.Deny mengaku, perbedaan “Soerabi Cantik” dengan serabi lainnya, hanya terletak pada variasi topping. “Dengan topping yang beragam, konsumen bisa memilih sesuai dengan selera,” ucapnya.

Kalau konsumen pesan serabi sosis telur, misalnya, ketika adonan serabi dituangkan ke dalam tungku pembakaran, langsung diikuti dengan telur, selanjutnya ditata potongan sosis yang sudah dipotong tipis di atasnya. Setelah matang, serabi dihidangkan dengan lumuran mayones.Sedangkan pembuatan topping serabi keju coklat, lain lagi. Setelah serabi matang, di atasnya langsung diparut keju dan ditaburi cokelat. “Untuk satu porsi serabi keju, saya menggunakan sekitar 1 ons keju,” kata Deny, yang sedang mempertimbangkan topping baru berupa daging kornet.

Pembakaran serabi dilakukan dengan alat bakar tradisional terbuat dari tanah liat, yang menggunakan arang. Dengan alat ini, kata Deny, hasilnya maksimal. Dia pernah mencoba mempergunakan gas sebagai pembakar, tetapi serabi tidak mengembang dan tidak menghasilkan serat.

(Sumber: Ma’af saya lupa dulu copy artikel ini darimana..dok lama soalnya..yg merasa nulis thanks& inform aku ya)

About these ads

18 Responses

  1. kalo buat serabi Bandung yg pake oncom itu, sapa sama resepnya ?

  2. Berdasarkan yang kami tahu resep serabi dasarnya sama semua, yang membedakan hanya di cara memasak (wajan+minyak / peralatan tanah liat), variasi kuah (santan / manis), variasi campuran menambah isi (buah2an, coklat, kelapa ketan dll)

    favorite dapur ojolali.org yaitu resep yg traditional karena rasanya penuh dgn sejarah..hi

  3. hai…mo nanya nih kalo asal usul surabi dari mana sejarahnya dan kenapa namanya surabi asal katanya dari mana?
    oke ditunggu jawabannya…trmksh!

  4. artikel aslinya nampaknya dari sini deh: http://www.wacanamitra.com/wm229/inovasi.htm

  5. tolong, yang punya resep serabi solo bisa kirim ke saya. terima kasih. mas_mohan@hotmail.com

  6. Btw beli alat buat bakarnya kalo saya di Jakarta yang terdekat di mana yah?????

    Pengen coba bikin deh….;-)

  7. klo buat pedagang pemula tips” nya harus gmn ya?

  8. kalau aku bikin….paling tidak jadi,mending beli aja…

  9. makasih,,, sejak dulu pengen bangget bikin serabi

  10. Sudah saya coba. Hasilnya enak. Terima kasih.

    Sayang nggak ada kompor arang dan cetakan dr tanah lihat jd nggak bisa kemripik pinggirnya tapi rasanya sudah oke.

  11. aku coba buat tapi kenapa tidak berongga ya….. kalo gak pake soda kue bs kan?

  12. hm…aku pengen punya resep yg diceritain itu bukan surabi-surabi yg dijual skrg, tp serabi yg asin yg dimaem anget2 ama kuah santan yg gurih. bukan yg manis ato surabi. pengen serabi coro ndeso. q asli tuban, dituban jg ada yg jual gt, persis seperti yg dicerita dibojonegoro, tp skrg udh g jual n typ ada tulisan surabi aq mampir tp bukan sprti yg dituban ato sprti bayangannya dibojonegoro. kl ada tolong dg sangat, saya ingin kembali ke masa-masa itu, kl nemu resepnya mohon dikirim ke email saya ya shandhyna@yahoo.com kulo haturkan, matur suwun ingkang kathah…..

  13. Mau jualan surabi? Kami punya 40 resep surabi bandung komplit silakan hubungi bubunmailbox@yahoo.com/ ym:bubunmailbox phone 022-61008502. Komplit dengan penghitungan recipe dan photo product-nya.

  14. ha,ha,ha, akan saya jawab semuanya. awal kata SURABI berasal dari kalimat SOERABIE nah kalimat tersebut biasa di ucapakan lewat dialek orang sunda.Karena di daerah jawa tengah dan jawa timur mereka lebih mudah mengucapkan dengan kalimat SERABI. nah jadi dari pengucapan dan penulisan yang benar adalah SURABI bukan SERABI.

    kemudian prospek bisnis di bidang makanan ini juga sangat amat menjanjikan dan bisa dibilang selain sebagai mesin pencetak uang kita juga turut serta melestarikan makanan khas budaya bangsa.
    TAPI jangan salah pula makanan ini juga sudah mulai banyak merebak dimana2 sehingga otomatis prospek bisnis makanan ini juga bagi si pemula dibutuhkan extra kuat mental dagang’y mulai dari promosi yang jangan asal-asalan dll….

    tapi,eeiitt nanti duluu….. walaupun para pedagang makanan ini juga sudah mulai banyak dimana-mana.tidak perlu khawatir!!! JIKA ANDA SERIUS!!! MAKA anda akan bisa jadi salah satu pedagang surabi yang sukses jika anda bekerja sama dengan perusahaan yang sudah terkenal.

    tapi KANG klo kerja sama dengan mereka pasti biaya’y sangat mahal dan pasti ribet ? nah itu sebagian pertanyaan yang pasti akan keluar dari benak anda. maka akn saya jawab TIDAK. karena saya salah satu orang yang bekerja di dalam tim konseptor frenchisse yang bergerak di bidang makanan ini.
    beberapa nama yang WAROENG SOERABI yang telah kami konsep antara lain adalah: surabi abah enhaii bogor jl pajajaran (dan sudah buka cabang lagi di kota padang,pekanbaru,palembang,medan,duri,dan beberapa di kota besar lainya) surabi durian enhaii yang berada di bogor jl sukasari, dll beberapa WAROENG SOERABI lainya…..

    jadi menurut hemat saya anda akan berbicara mahal jika anda belum bertanya atau berkonsultasi sebelumya. maka jangan biarkan pikiran negatif anda menghalangi anda untuk menjadi pengusaha kuliner yang sukses.

  15. numpang tanya
    biar srabi yang dibakar pake cetakan tanah liat dan dibakar pake anglo arang biar g lengket dan pinggirnya kemripik gimna tehnik pengambilan biar g rusak ya………
    soalnya aku pernah coba ternyata lengket dan pada bagian tengah munjurus hangus gmna ya please penasaran bgt aku

  16. cara franchise serabi notosuman ini bagaimana ya? bagi info dong gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: