Training Need Analysis

Training Need Analysis (TNA) dalam perusahaan ada 2 bagian ( menurut ”Approceh to Training & Development”, Dugan Laird) + 1 tambahan TNA menurut saya :

1)       TNA Macro, yaitu TNA yang dilakukan terhadap Position (TNA against Position) umumnya akan menjadi Training Matrix

2)       TNA Micro, yaitu TNA yang dilakukan terhadap Person (TNA against Job Holder) umumnya disebut juga Individual Development Plan.

3)       Ada lagi TNA yang dilakukan untuk menentukan Training Schedule, produknya adalah Training Calendar Tahunan.

 

1) Untuk TNA Macro yang banyak digunakan yaitu Competency Based Training (CBT) :

Source : Data yang diperlukan adalah Job Description, Job Specification & KPI.

Steps   : Dari data tersebut dapat dilakukan TNA untuk mendukung seseorang dalam mencapai KPI yang mereka (dianalisa oleh HR/Training)

 

2) untuk TNA Micro yang banyak digunakan adalah pendekatan Talent Based  

Source : Data Individual Assessment, Performance Appraisal, Coaching & Counseling

Steps   : Data diatas disesuaikan dengan Training Matrix (dianalisa oleh HR/Training & Atasan langsung)

 

3) TNA untuk pembuatan Training Calendar perusahaan.

Tidak semua Training Program yg terdapat dalam Training Matrix ataupun IDP dapat dijalankan seluruhnya. HR/Training Dept perlu membuat jadwal yang efisien untuk program training setahun kedepan. Pertimbangan : Cost & Time

Source : Company Vision, Business Plan, Data EOS

Steps   : dianalisa oleh HR/Training Training program mana yang menjadi Fokus pengembangan karyawan di tahun depan.  

 

Semoga bermanfaat,

Sumber: Rudy ( trainersclub milist)

One Response

  1. Haloo nama saya Salomo Marbun. Saat ini saya tengah menyelesaikan skripsi saya di Jurusan administrasi Negara Universitas Padjajaran (program ekstensi).

    Kebetulan saya tertarik untuk menganalisa TNA di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung. persoalan saya saat ini adalah saya memerlukan buku-buku referensi tentang Tna. apakah ada teman-teman yang bisa membantu saya.

    Buku-buku msdm yang saya baca belum memuaskan bagi saya.

    Apabila ada yang dapat membantu saya, anda dapat menghubungi email: smarbun@gmail.com atau dapat mengontak saya di nomor 0818 0928 57 08.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam,

    Salomo Marbun

Leave a Reply

